RSS2.0

HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web di internet. HTML memungkinkan kita untuk menampilkan teks, gambar, link ke halaman lain, membuat form isian, menyisipkan video, suara, dan bermacam - macam format yang lainnya.


Disini kita akan mengulas dasar-dasar Tag HTML
1. Heading
2. Paragraf
3. Pengaturan Huruf
4. Warna Dokumen
5. Link
6. Menampilkan Gambar
7. Menggunakan Tabel
8. Cellpadding dan Cellspacing
dan seterusnya.

Struktur Dokumen HTML

Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa file teks biasa yang dilengkapi dengan tanda-tanda khusus seperti (tag)yang menentukan bagaimana teks tersebut ditampilkan. karena itu, dokumen HTML dapat dibuat menggunakan teks editor sederhana seperti Notepad, EditPlus, vi, dan sebagainya. Namun sekarang ini telah banyak visual editor untuk HTML seperti: Microsoft Front Page, Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, dan lain-lain.

Tag HTML biasanya adalah tag-tag yang berpasangan dan ditandai dengan simbol '
', sedangkan pasangan atau akhir perintah dari sebuah tag ditandai dengan tanda'/', misalnya pasangan dari tag adalah .

Dokumen HTML biasanya disimpan dengan extension .htm atau .html. Untuk membuka dokumen HTML ini, diperlukan sebuah web browser. Contoh web browser yang banyak dipakai adalah: Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla Firefox, dan sebagainya. Berikut ini adalah sebuah contoh dokumen HTML sederhana.

note:"Click gambar ini jika kurang jelas!"

Jika dokumen dibuka pada browser akan tampak seperti dibawah ini;

Dokumen HTML dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kepala (HEAD) dan tubuh (body). Bagian kepala ditandai dengan tag Pada bagian ini biasanya diisi dengan informasi-informasi tambahan yang berguna bagi web browser ketika menampilkan halaman tersebut, atau informasi untuk search engine. Bagian tubuh diapit tag Isi dokumen dan tag-tag HTML lainnya diletakkan dibagian ini.

Salah satu elemen penting yang terletak pada bagian head adalah title. seperti tampak pada contoh diatas, teks yang diapit tag ditampilkan pada title bar web browser.


Inspirations Design Article Collection
Inspirations Design Web Development

Vulnerability dan Trojan

VULNERABILITY
Sering kali kita menemukan kerawanan (vulnerability) ataupun missconfiguration pada sistem sendiri, kita akan menganggap hal itu adalah hal yang kecil karena menanggapinya bukan sebagai lubang keamanan.

TROJAN
Trojan Horse atau lebih dikenal dengan Trojan dalam sistem komputer adalah bagian dari infeksi digital yang kehadirannya tidak diharapkan oleh pemilik komputer. Trojan terdiri dari fungsi – fungsi yang tidak diketahui tujuannya, tetapi secara garis besar mempunyai sifat merusak. Trojan masuk ke suatu komputer melalui jaringan dengan cara disisipkan pada saat berinternet dengan media fisik.
Trojan tidak berpengaruh secara langsung seperti halnya virus komputer, tetapi potensi bahayanya dapat jauh lebih besar dari virus komputer. Trojan dapat diaktifkan dan dikendalikan secara jarak jauh atau menggunakan timer. Pengendalian jarak jauh seperti halnya Remote Administration Tools, yaitu versi server akan dikendalikan oleh penyerang lewat versi client-nya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh penyerang jika komputer korban telah dikendalikan. Port tertentu yang tidak lazim terbuka mengindikasikan adanya kegiatan aktif Trojan.
Penanganan Trojan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pencegahan (preventif) atau pengobatan (recovery). Usaha pencegahan dilakukan sebelum terjadinya infeksi, yaitu usaha agar sistem tidak mempunyai lubang keamanan. Usaha pengobatan dilakukan setelah sistem terinfeksi, yaitu usaha untuk menutup lubang keamanan yang telah diekploitasi dan menghilangkan penyebab infeksi.


Inspirations Design Article Collection
Inspirations Design Web Development

Pengertian Threat, Attack, Exploit, Crackers, Bandwidth, Digital Signature dan Defaced

THREAT
Threat merupakan salah satu dari tiga komponen yang memberikan kontribusi kepada Risk Management Model, yang digunakan untuk menghadapi ancaman (managing threats).

ATTACK
Denial of Service adalah aktifitas menghambat kerja sebuah layanan (servis) atau mematikan-nya, sehingga user yang berhak / berkepentingan tidak dapat menggunakan layanan tersebut. Serangan Denial of Service (DOS) ini terjadi apabila penyerang atau yang sering terdengar dengan istilah hacker ini merusak host atau sevice yang ada sehingga host atau service itu tidak dapat lagi berkomunikasi secara lancar di dalam network neighborhood-nya. Perkembangan dari serangan DOS adalah DDOS. Serangan DDoS adalah jenis serangan dengan cara memenuhi trafik server situs tersebut hingga situs menjadi lambat dan susah diakses. Pengertian lain tentang DDOS adalah mengirimkan data secara terus menerus dengan menggunakan satu komputer tidak begitu efektif karena biasanya sumber daya server yang diserang lebih besar dari komputer penyerang.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa serangan DDOS (Denial Distribute Of Service) sangat merugikan bagi yang diserang, karena serangan ini dapat menghambat kerja pengguna dari komputer korban.Dimana komputer korban menjadi lambat dan sulit untuk diakses akibat dari penuhnya trafik dalam komputer tersebut.

EXPLOIT
Exploit adalah sebuah perangkat lunak (software) yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan. Ada badan peneliti yang bekerja sama dengan produsen perangkat lunak. Peneliti itu bertugas mencari kerapuhan dari sebuah perangkat lunak dan kalau mereka menemukannya, mereka melaporkan hasil temuan ke produsen agar produsen dapat mengambil tindakan. Meskipun demikian, exploit kadang menjadi bagian dari suatu malware yang bertugas menyerang kerapuhan keamanan.

CRACKERS
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya dijaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-defaced (merusak halaman muka web) milik orang lain, bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri.
Cracker tidak mempunya kode etik ataupun aturan main, karena cracker sifatnya merusak. Cracker mempunyai situs ataupun cenel dalam IRC yang tersembunyi, yang hanya orang – orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Cracker juga mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. Kasus yang paling sering dilakukan oleh cracker ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan.

BANDWIDTH
Bandwidth atau lebar pita adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. Frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Bandwidth diartikan juga sebagai takaran jarak frekuensi. Dalam bahasa mudahnya, sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar. Dalam dunia hosting, kita diberikan jatah bandwidth setiap bulan tergantung seberapa dalam kita merogoh kocek. Habisnya bandwidth ditentukan seberapa banyak kita meng-upload atau men-download. Makin banyak melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyak pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah bandwidth yang diberikan.
Bandwidth komputer didalam jaringan komputer, sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari suatu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis bandwidth ini diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57.600 bps mempunyai bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28.800 bps. Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar / tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar atau images dalam video presentation.

DIGITAL SIGNATURE
Digital signature merupakan sistem keamanan kriptografi simetris (symmetric crypthography / secret key crypthography) yang menggunakan kunci yang sama dalam melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap suatu pesan (message). Disini pengirim dan penerima menggunakan kunci yang sama sehingga mereka harus menjaga kerahasiaan terhadap kunci tersebut.
Pada digital signature suatu data / pesan akan di enkripsi dengan kunci simetris yang diciptakan secara acak (randomly generated symmetric key) yang kemudian akan di enkripsi dengan menggunakan kunci publik dari penerima. Hasil dari ekripsi ini kemudian dikenal sebagai digital envelope yang akan dikirimkan bersama pesan / data yang telah di enkripsi.

DEFACED
Pengertian sederhana dari deface / defacing atau bahasa umumnya cyber grafity adalah suatu aktivitas yang mengotori atau mencoret – coret / menodai dan merubah inti dari isi halaman suatu website dengan tulisan / kalimat, gambar / image, atau link tertentu yang membuat suatu link menjadi melenceng dari perintah yang kita berikan atau kita buat. Biasanya tujuan pelaku ( biasa disebut hacker) adalah supaya dia mendapat sebuah nama dan menjadi perhatian orang banyak, menjadi perbincangan karena ulah isengnya yang bisa membuat dia merasa sedikit bangga karena telah berhasil menyusup.
Para sasaran hacker mempunyai kesamaan yaitu server web tersebut berjalan di Operating System Windows 2000 dan servernya adalah IIS 5.0 / 6.0.


Inspirations Design Article Collection
Inspirations Design Web Development